Yang Terinspirasi

Tipikal tubuh mereka kurus dengan tulang-tulang yang terkadang nampak menonjol dari pakaian mereka yang agak kebesaran atau kekecilan. Kulit mereka coklat bahkan legam terbakar matahari. Aku melihat mereka tengah menggali tanah atau memecah aspal atau mendorong barang dagangan mereka, dari perabot, kaca, makanan, hingga mainan.

Di saat aku menyantap roti atau nasi mereka mungkin hanya mengganjal perut mereka dengan sepotong pisang goreng atau secangkir kopi. Di saat aku tidur usai shalat subuh, mereka sudah pergi berjalan kaki. Di saat aku menanak nasi dan memasak untuk makan siang, istri-istri mereka terkadang harus menunggu mereka pulang dahulu hingga asap dapur dapat mengepul.

Sering aku melihat sorot-sorot mata mereka yang kuyu tetapi menampakkan kekuatan dan harapan. Mereka dorong gerobak mereka sampai hitungan kaki sudah tak terhingga. Mereka abaikan panas terik yang menusuk-nusuk kulit dan membuat ubun-ubun berdenyut hingga usaha mereka membuahkan hasil.

Mereka adalah sebagian dari pekerja kecil di tengah-tengah mereka yang bekerja di kantor, di sekolah, di rumah, yang juga sama-sama memerah tenaga, memerahkan mata karena semalam suntuk lembur atau serak karena berteriak-teriak di kelas.

Bagiku mereka adalah kekuatan dan inspirasi untuk dapat memahami betapa semua yang kita miliki perlu disyukuri dan dimaksimalkan. Mengingat mereka, aku malu. Mereka bekerja dengan fasilitas dan kemampuan yang mereka punyai sedangkan aku masih sering bermalas-malasan, menghamburkan waktu dan mengabaikan fasilitas yang ada.

Salutku bagi para pekerja keras yang bekerja untuk memperoleh rezeki yang halal!

Leave a Reply

