Kanza pun meniru yang dilihatnya

Bunnnn, pasti senang sekali ya melihat putra/putrinya yang belum memasuki usia dua tahun sudah fasih mengucapkan banyak kata. Celotehnya menggelikan karena memang belum sempurna artikulasinya sehingga membuat kita tergelak. Semua yang ia rekam sejak kandungan hingga usia tersebut mulai ia tumpahkan dan ini sangat mengejutkan mulai dari kata-kata yang baik sampai kebun binatang pun bisa keluar. Perasaan-perasaan ibu saat hamil juga katanya mempengaruhii jiwa anak.

Tetangga sebelah rumah di kampung halaman bercerita bahwa ketika hamil ia sering memperturutkan keinginannya: ia suka ngambek kepada suaminya jika keinginannya tidak terpenuhi. Lalu ia melihat dirinya pada putranya yang katanya cepat pundungan (ngambek). So, sewaktu hamil Kanza saya berusaha untuk selalu tidak cepat bad mood bahkan marah. Kelas-kelas yang saya ajar malah dapat imbasnya: gurunya jadi tidak pernah marah. (marah sih, tapi sama murid yang sangat keterlaluan).

Kalau tetangga saya melihat dirinya yang ngambek-an pada diri anaknya, saya pun demikian. Ketika saya kesal pada si ayah, saya sering menyentak seraya berkata “iiihhhh”  Setelahnya sih saya sadar dan meminta maaf. Tetapi hal itu terlanjur keluar. Alhasil, ketika kesal Kanza pun meniru bilang “iiihhhh” dan sambil menyentak 😦

Selain itu, Kanza menyimak semua yang dilihat  di sekelilingnya dan semua yang ayah bundanya serta teteh (pembantu kami) lakukan, lalu meniru. Gak heran, ia ikutan sholat ketika ayah bunda sholat, baca ketika ayah baca, pun melap semua benda yang teteh lap.

Dari sini, saya semakin menyadari pentingnya  pengasuhan anak yang dimulai sejak usia kandungan setelah melihat bukti putra saya sendiri, Kanza. Semua diikuti, ditiru. Dan yang ternyata harus menjadi lebih baik adalah adalah ayah dan bundanya. Gak salah kalau anak kita seperti yang temanku ceritakan tentang anaknya ketika diminta untuk sholat. Anak perempuannya yang sudah SD berkata “ngapain aku shalat mamah juga gak sholat”

Advertisements

One thought on “Kanza pun meniru yang dilihatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s