When I Promise

Janji adalah janji walaupun pada putraku K, 3 th. Janji saya: naik kereta api KRD di Cimahi nanti.

So, di hari Selasa setelah ke apotek membeli obat untuk Uti berangkatlah kami dari stasiun Cimahi menuju Cicalengka, berdua.

Matanya berbinar, mulutnya tak henti berkicau, terkadang meniru suara mesin kereta walaupun sering ia tidak tahan dengan suara keras dari mesin kereta api sehingga ia tutup telinga. Ia memang sudah lama tidak berkereta semenjak ayah jarang mengajaknya ke kantor atau saat saya mengajar, kami bertemu di sebuah stasiun untuk bertukar menjaganya. Saya bersyukur tidak jadi pulang hari itu walaupun urusan mengantar Akung berobat dan membeli obat Uti sudah selesai serta pekerjaan yang terbengkalai di rumah. Saya ingat saya sudah berjanji padanya.

Melelahkan, memang, apalagi jika ia minta gendong karena tak kuat lati berjalan atau mengantuk. Tetapi ini pelajaran berharga buat saya dan juga K. Saya katakan padanya bahwa setiap janji harus ditepati dan saya sudah berjanji padanya untuk naik kereta, so … bunda tepati janji.

Saya menyadari bahwa obral janji sederhana hanya untuk menghibur atau menenangkannya lalu tidak menepatinya dapat berdampak buruk bagi K. Ia akan menjadi pribadi yang suka ingkar janji dan hal ini ia tiru dari orang terdekatnya. Oleh karenanya saya berusaha tidak mengumbar janji sebelum saya yakin akan dapat menepatinya. Awalnya memang hanya rewel, menangis, protes, tapi lama kelamaan, secara tidak sadar kebiasaan orang tua tidak menepati janji tertanam di benak dan di prilakunya.

Saya senang sekali ia bahagia walau hanya naik kereta yang bagi saya biasa tetapi baginya luar biasa. Terlebih, jika ia juga belajar tepat janji dari ibunya.

So, when I promise, I accomplish.

One thought on “When I Promise

Leave a Reply

