Bolu Kukus Coklat Pandan

 

Resepnya gampang bangeut. Sampe pake eutt! (untuk dua loyang)

Siapkan:

8 butir telur

1/2  kg gula pasir

sejumput garam

paneli

dua gelas santan kental (yang sudah direbus bersama daun pandan)

TBM

Pewarna makanan hijau dan coklat

coklat bubuk 50 gram

1/2 kg terigu

 

Adonan 1 pandan:

Kocok 1/4 kg gula dan 4 butir telur hingga putih mengembang. Masukkan setengah sendok teh TBM dan kocok lagi selama tiga menit. Setelah itu, masukkan satu gelas santan yang sudah dicampur garam. Kocok sebentar saja lalu masukkan terigu. Beri pewarna hijau secukupnya. Saat mengaduk terigu sebaiknya pilih kecepatan mixer paling rendah atau gunakan spatula agar adonan tidak mengempis. Sisihkan.

 

Adonan 2 coklat:

Cuci bersih kocokan mixer dan keringkan.

Timbang 200 gram terigu dan 50 gram coklat bubuk, lalu ayak. Pembuatan adonan kedua sama seperti adonan pertama. Kocok 1/4 kg gula dan 4 butir telur hingga putih mengembang. Masukkan setengah sendok teh TBM dan kocok lagi selama tiga menit. Setelah itu, masukkan satu gelas santan yang sudah dicampur garam. Kocok sebentar saja lalu masukkan terigu. Beri pewarna coklat secukupnya. Penambahan pewarna coklat sebenarnya optional ya. Kalaupun tidak mau, tidak apa apa karena rasa coklat sudah ada dari coklat bubuk yang dicampur terigu tadi.

Selanjutnya:

Olesi loyang dengan mentega agar mudah proses pembongkarannya. Siapkan panci kukusan. Pastikan air di dasar panci mendidih. Jangan lupa membungkus tutup panci dengan menggunakan kain (bisa lap makan) agar uap air tidak menetes pada kue.

Model kue bisa beragam: empat atau tiga lapis dengan adonan coklat dan pandan berselang seling atau model zebra. Untuk yang pertama, tuang sepertiga/empat adonan coklat lalu tutup panci. Tunggu tiga menit atau hingga adonan mengembang. Setelah itu masukkan seperempat adonan hijau dan tutup kembali panci. Lakukan hal ini sampai adonan habis.

Kukus kembali selama tiga menit.

Tunggu higga agak dingin lalu keluarkan dari loyang. Kue bolu kukus pandan coklat siap disajikan.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s