Soto Betawi

Melihat tayangan di salah satu stasiun televisi tentang soto ini kemarin, ingin rasanya mencicipi hidangan berkuah itu. Apalagi hari tengah hujan dan udara dingin menghembus-hembus dari pintu dapur. Dan mengingat masih ada daging sapi di kulkas, hari ini  saya mengeksekusi rasa penasaran untuk mencoba sendiri resep terkenal dari kota yang saya tinggali.

Selain dari televisi, saya juga melihat resepnya dari mba Diah Didi. Kenalkan mba yang satu ini. Ia selalu yahud dalam urusan membuat masak memasak dan membuat aneka kue. Untuk lengkapnya bisa kunjungi situsnya di justryandtaste.com.

Apa saja yang diperlukan dan bagaimana membuatnya? Yuk kita simak berikut ini.

 

Bahan utama

Daging

Jeroan (babat, usus, paru)

Kaki sapi

 

Bumbu yang di haluskan

Bawang merah

Bawang putih

Merica

Garam

 

Bumbu lainnya

Santan, susu cair atau susu Dancow yang dilarutkan

Daun Jeruk

Daun Salam

Sereh

Bunga Lawang

Bunga Pekak

Kayu Manis dan

Gula putih

 

Pelengkap tambahan yang penting

Kentang iris tipis lalu digoreng kering

Tomat irisan

Bawang Daun

Emping dan Kerupuk

Bawang Goreng

Sambal cabe rawit

 

Cara membuat

Membuat soto Betawi itu ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan lho. Di resep ini saya tidak menggunakan jeroan. Saya pakai perpaduan daging dan kaki sapi. Enak sih jika ada tambahan jeroan tetapi berhubung kandungan kolesterolnya tinggi saya tidak pakai. Kaki sapi sendiri pun sudah mengandung kolesterol.

Pertama-tama, rebus daging hingga setengah matang atau rebus jeroan, kaki sapi, kulit hingga empuk lalu sisihkan. Selanjutnya tumis bumbu halus hingga kuning kecoklatan. Masukkan daun salam, sereh, daun jeruk, bunga lawang, bunga pekak, kayu manis dan beri air agar wanginya makin terasa.

Masukkan garam, gula putih daging dan seluruh jeroan serta kaki sapi dan rebus lama dengan menggunakan air kaldu sedikit-sedikit. Jika air menyusut, beri air lagi hingga bumbu meresap ke dalam daging. Jika daging sudah empuk, ambil sedikit air kaldu untuk melarutkan dua sendok makan susu bubuk Dancow lalu tuang semua sisa air kaldu. Ketika mendidih, tuang larutan susu dan rebus sebentar kemudian matikan kompor.

Ambil daging serta jeroan dan iris kecil lalu goreng. Saya menggunakan teflon untuk menggoreng agar meminimalisir penggunaan minyak.

Selanjutnya, tata di dalam mangkuk, daging, jeroan, kaki sapi goreng, kentang goreng, irisan tomat, bawang daun lalu tuang kuah soto. Beri emping dan bawang goreng. Jangan lupakan sambal dan kecap (saya suka menambahkan kecap).

Soto betawi siap disantap.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s