Nice Homework I Kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional

Bismillahirrahmaanirrohiim.

Materi: Adab Menuntut Ilmu

Tentang: Satu jurusan ilmu yang akan ditekuni di universitas kehidupan, alasan terkuat, strategi menuntut ilmu yang direncanakan, dan perubahan sikap apa saja yang diperbaiki dalam proses mencari ilmu berkaitan dengan adab menuntut ilmu.

Berikut ini jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Nice Homework 1.

Satu jurusan ilmu di universitas kehidupan? Hmmm … saya suka dengan istilah ‘ilmu di universitas kehidupan.’ Keren dan membangkitkan semangat!

Jika ditanya tentang ilmu apa yang ingin dipelajari, saya ingin belajar buanyaaak hal. Tetapi karena di sini diminta satu saja, hal urgent yang saya ingin tekuni dan pelajari serta terapkan lebih fokus lagi saat ini adalah menguasai manajemen waktu.

Mengapa: karena manajemen waktu saya buruk. Saya masih bingung mengatur dan menerapkan mana yang sangat penting, penting, dan tidak penting, sering sekali tidak fokus dalam menjalankan suatu hal. Ketidakpawaian saya dalam mengatur waktu ini membuat banyak hal tidak tercapai atau hasil ketercapaian yang tidak maksimal sehingga  sangat berpengaruh pada saya secara psikologis. Saya sering merasa gagal, merasa tidak mampu dan marah pada diri sendiri. Lebih buruknya keluarga terkena cipratan emosi ini . Saya tidak ingin hal ini terjadi, terutama putra saya. Sebagai seorang ibu, saya ingin memberikan tauladan terbaik karena dari sayalah ia menyerap ilmu pertama kali, sayalah madrasah pertamanya.

Untuk mencapai hal itu, selama ini saya berusaha mencari rujukan dengan membaca buku, blog berisikan pengalaman teman, dan mengikuti perkuliahan matrikulasi di Institut Ibu Profesional. Selain itu sekarang saya berusaha menuliskan semuanya. Ya, menuliskan semua rencana dan berusaha menjalankannya dengan konsisten.

Sebenarnya saya mengetahui bahwa kegagalan dalam manajemen waktu saya adalah karena masih belum bersungguh-sungguh, fokus, konsisten menjalankan manajemen waktu yang efektif, menggali setiap kekurangan serta kelebihan, dan mencari jalan keluar dari setiap persoalan yang timbul. Tetapi, saya sering mengabaikannya. Untuk itulah, di universitas ini saya akan menempa diri untuk dapat lebih bersungguh-sungguh, fokus, dan konsisten menggali ilmu tentang manajemen waktu serta menjalankannya. Semoga Allah senantiasa memberi jalan dan memampukan saya.

Leave a Reply

