Nice Homework 4 Kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional

Bismillahirrohmaanirrohiim

Tema: Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Menuliskan Nice Homework kali ini seperti menuliskan rencana perjalanan hidup beberapa tahun mendatang, memerinci kembali apa saja yang akan saya raih dan target apa saja yang ingin saya capai. Sejak bergabung dengan kelas matrikulasi institut ibu profesional ini saya berkomitmen untuk mempelajari dan menerapkan manajemen waktu yang baik. Ini lah target pertama saya selama sembilan puluh hari ke depan dan ilmu yang akan terus saya pelajari.

Jujur, sebelumnya saya jarang menuliskan rencana apa yang akan saya lakukan setahun dua, hingga lima tahun mendatang. Waktu mengalir begitu saja dan setiap akhir tahun betapa hampanya saya setelah kemudian mereview ke belakang apa yang telah di lakukan di tahun itu. Ketiadaan impian, target, capaian, membuat diri saya tak berkembang. Saya tak berani menantang diri saya untuk melampau batas apa yang saya bisa saat ini.

Inilah tantangan saya, yang ternyata saya jatuh cinta. Saya jatuh cinta pada tantangan ini walaupun  ketika menjalaninya sayapun terseok-seok. Tidak mudah memang mengubah kebiasaan yang sudah meng-abad.

Seperti halnya pada ceklist harian. Sudahkah saya mencontrengnya dan berkata, ‘Yes, alhamdulillah.’ Jawabannya, tidak saudari-saudari. Ada hari-hari di mana saya dapat menceklist semua kegiatan, ada juga yang terlewat karena waktu tidak mencukupi karena mungkin capaian saya terlalu jauh. Not achievable. Karenanya, saya harus mereview ulang dan memprioritaskan mana yang urgent dan mana yang penting dan mana tidak terlalu penting.

Lalu, apa saja yang ingin saya raih? Sejalan dengan ilmu yang sedang saya jalani: manajemen waktu, saya juga ingin ahli dalam mendidik putra saya, profesional di pekerjaan saya, bermanfaat bagi lingkungan terdekat saya. Capaian yang ingin saya raih dalam tiga tahun ke depan adalah menjadi ahli dalam mendidik anak, serta menjadi guru dan penulis yang menginspirasi.

  1. 0 km – 1 km (6 bulan pertama) fokus mempelajari seputar pengasuhan anak
  2. km 1 – km 2 ( 6 bulan ke dua) memperdalam dan mengembangkan kualitas saya sebagai guru, menghasilkan sesuatu yang dapat saya bagikan
  3. km 2 – km 3 (6 bulan ke 3)  belajar menuliskan semua pengalaman sebagai bentuk misi saya dalam berbagi dengan orang lain.
  4. 3 km – 4 km (6 bulan ke 4) menguasai ilmu seputar bunda produktif.
  5. 4 km – 5 km ( 6 bulan ke lima) menguasai ilmu bunda shaleha.

 

Selanjutnya yang saya lakukan adalah usaha, usaha, usaha, dan berdoa. Wallahualam bishowab.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

