Nice Homework 5 Matrikulasi Institut Ibu Profesional

Bismillahirrahmanirrahiim.

Tema: Learning How to Learn

Tema minggu ini mengingatkan saya pada sebuah kuliah online tak berbayar yang saya ikuti di Coursera.org. Judulnya pun sama: Learning How to Learn. Isinya tentang beberapa tehnik belajar yang digunakan para ahli di banyak disiplin ilmu seperti matematik, literature, ilmu alam, musik dan seni. Selain itu diajarkan juga bagaimana otak kita menggunakan dua cara belajar. Ada juga tehnik mengingat, kiat menanggulangi kecenderungan menunda waktu (procastination) agar sukses, dan cara belajar yang paling efektif agar dapat menguasai ilmu yang paling sulit.

Meskipun di kuliah itu banyak mengenai bagaimana cara belajar efektif menguasai rumus fisika tersulit, misalnya, atau memperoleh nilai ujian yang baik, ada hal lain yang menurut saya berkaitan dan dapat diterapkan  dalam kehidupan kita sehari-hari.

I had always heard ‘follow your passions’ but your passions come from what you tend to practice…if you blindly follow your passions you are going to be getting good at something that a lot of people will be good at and it will be hard to differentiate. So do not just follow your passions. Instead, broaden your passions. You should be willing to experiment and push yourself in your learning. (Oakley, 2014)

Menurut Barbara Oakley, passion saja tidak cukup. Kita perlu perluas cakupan passion kita agar berbeda. Kita harus mau terus mencoba dan memaksa diri ketika belajar.

Ada kesamaan menurut saya, dari paparan Barbara dan apa yang tertulis di materi NHW5 bahwa Good is not enough anymore. We have to be different. Baik saja tidak cukup. Kita perlu punya nilai lebih sehingga kita berbeda dengan orang lain. Belajarlah hal yang berbeda, cara yang berbeda, dan semangat yang juga berbeda.

Selain itu, ada tehnik manajemen waktu bernama Pomodoro. Ini dalah tehnik menggunakan waktu dengan interval waktu 25 menit. Selama itu kita fokus pada hal yang sedang dikerjakan dan menahan untuk tergoda dengan semua distraksi di sekeliling kita (membalas pesan pendek, baca email, membuka facebook, atau menerima telpon tidak penting – saya banget ini (^_^;)  Setelah 25 menit, kita rehat selama lima menit lalu melanjutkan pelajaran atau pekerjaan yang sedang kita lakukan. Tehnik ini sangat bermanfaat buat saya saat masak, bermain bersama anak, merancang materi ajar, melayani suami, bertemu dengan teman. Saya jadi lebih bisa fokus, konsentrasi, mengurangi kencenderungan multitasking, dan meminimalisir stres. Tapi saya masih susah saat menulis nih. (^_^;)

Nah, apa kaitannya dengan design pembelajaran saya? Well, hal di atas menjadi landasan saat saya memetakan ilmu-ilmu yang ingin saya pelajari. Ilmu penting apa saja yang harus saya pelajari terlebih dahulu saat ini agar mendidik anak menjadi lebih baik, mengajar menjadi lebih menyenangkan, hasil masakan jadi lebih enak, atau komunikasi dengan suami dan anak menjadi lebih baik.

So, pertama: buat peta! Fokus pada yang sangat penting. Contohnya saat ini putra saya masih belum memiliki kemampuan motorik halus dan kasar yang sesuai dengan usia tumbuh kembangnya atau sedang sangat gandrung pada seluruh hal berkaitan dengan alam semesta, planet, bintang dan bulan. Karenanya, saya berusaha mencari tahu tentang hal yang saya perlukan untuknya. Saya baca buku dan banyak-banyak memaparkan kepadanya semua hal yang berkaitan. Selain itu saya juga

  1. Mengikuti pelatihan,
  2. Belajar bersama di dalam komunitas,
  3. Turut terlibat dalam kegiatan komunitas yang mendukung kebutuhan yang diperlukan anak saya, dan
  4. Belajar sambil menjalaninya

Selanjutnya terus lakukan sambil belajar, belajar, dan belajar: memahami kekurangan, kelebihan, memperbaiki, dan meninjau kembali apa yang telah dilakukan.

 

Leave a Reply

