Nice Homework 6 Matrikulasi Institut Ibu Profesional

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Tema: Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal

Dulu, melakukan pekerjaan rutinitas rumah tangga itu terasa membosankan. Rasanya ga selesai-selesai. Stress kalo lihat rumah berantakan. Yang satu yang lain belum rapi. Hari-hari kok full pekerjaan rumah yang tak kunjung usai. Atau … di sini beres  … lhaa …. sebelah sana sudah berantakan lagi, belum lagi pekerjaan esok hari menanti dan deadline terjemahan belum kelar. Sutriss.

Sekarang, alhamdulillah lumayan berkurang, terlebih setelah bergabung dalam kelas matrikulasi ini. setiap detik terasa berharga. Kami dipacu tuk commited dan konsisten walau dalam menjalaninya saya masih terantuk-antuk, banyak bolong-bolong, dan procastinate (nunda waktu) … hadeuuuh 😦

Terkait dengan Nice Homework kali ini, berikut ini penyebaran kegiatan dari yang paling penting,  penting, dan tidak penting.

Paling Penting

  1. Membersamai anak dalam membangun kemandirian dan dalam kegiatannya yang masih memerlukan bimbingan, dan yang terpenting menumbuhkan dan membiasakan berahlakul karimah dan beradab yang baik
  2. Mengelola rumah tangga
  3. Mempersiapkan bahan ajar

Penting

  1. Membaca buku-buku tentang pendidikan anak
  2. Membaca buku tentang pengembangan diri
  3. Menulis dan menerjemahkan

Tidak Penting

  1. Menengok thread chat di sosmed
  2. Menonton
  3. Browsing-browsing tak penting

Di NHW sebelumnya, review kegiatan dilakukan sebulan sekali, sekarang saya akan mencoba melakukannya seminggu sekali. Rasanya tidak terlampau jauh, dan jika banyak bolong-bolong, tak sesuai, capaian terlalu rendah atau tinggi, refleksi serta perbaikan diri lebih cepat di lakukan.

Saya membuat dua jadwal harian: saat berada di rumah full day dan saat saya mengajar. Berikut ini contoh kegiatan yang saya lakukan saat berada di rumah dan ceklist harian putra saya..

 

Dimulai lagi sejak senin besok, saya akan coba menerapkan 7 hari menjadi manajer  keluarga bagi diri sendiri, putra dan suami saya secara lebih konsisten. Saya akan lihat bagaimana hasilnya nanti. seminggu yang akan datang. 🙂

Leave a Reply

