Belajar dari Hal yang Disukai

Beberapa bulan ini Kanza senang sekali dengan segala sesuatu yang berekaitan dengan luar angkasa. Ia tak henti minta dibacakan buku tentang planet-planet, membuat sendiri roket, satelit, stasiun luar angkasa dari lego dan di wahana minecraft.

Di usianya yang lima tahun setengah ini, kami bebaskan dia dari semua kewajiban berhitung, membaca, menulis. Pokoknya dari segala hal akademik. Namun, dari kesukaan yang ia sedang tekuni, secara tak langsung ia belajar banyak hal.

Ia belajar angka, bilangan, huruf dari membaca buku-buku yang berkaitan dengan kegemarannya. First Big Book of Space adalah buku yang saat ini sering ia minta kami bacakan. Sebenarnya sih, Kanza sudah dapat membaca sendiri, tapi kegiatan dibacakan sebelum tidur menjadi kebiasaan hampir tiap malam. Kanza akan tertidur pulas saat dibacakan tetapi tak jarang emak bapaknya yang pulas duluan saat membacakan 😀

Hal termudah mengenalkan banyak hal yang kami ketahui ternyata bermula dari segala yang ia suka. Tidak sulit mengajaknya bermain gunting menggunting, lipat melipat, lukis melukis. Lalu mengenalkannya pada kebesaran Allah, jarak dan waktu, perbedaan dan pergantian siang dan malam, detik, menit, jam hari bulan, tahun dan banyak hal lain.

Dalam hal ini, kami sebagai orang tua, berusaha selalu memfasilitasi dan mendukung dan terlebih lagi mendampinginya dalam banyak kegiatan. Explorasi berbagai bidang menjadi fokus saat ini dan melalui hal-hal yang ia sukai, ia belajar banyak hal. S

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s