Melatih Kemandirian

Kembali lagi bersama tugas dari Institut Ibu Profesional. Yeay … semangat! Setelah sebelumnya kami ditantang untuk menerapkan komunikasi produktif di keluarga, sekarang kami dtantang kembali dalam hal memandirian anak. Seberapa mandirikan anak-anak kita di usianya? Kemandirian seperti apa yang cocok untuk usianya? Apa saja yang perlu di lakukan untuk melatih kemandirian itu? Mendung, pelangi, hujan apa saja dan bagaimana menghadapi keseharian melatih kemandirian?

Apa itu kemandirian?
Menurut saya kemandirian adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti mandiri adalah bisa berdiri sendiri, tidak bergantung pada orang lain. Kemandirian anak bisa diartikan kemampuan seorang anak untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai usianya tanpa bergantung pada kedua orang tua nya atau orang dewasa sekitarnya. Sebagai contoh, putra saya, Kanza di usianya yang hampir enam tahun sudah tidak lagi tidur bersama kami atau membereskan tempat tidur sendiri.

Tentang kemandirian sesuai usia anak sebenarnya dapat di lihat di cheklist indikator perkembangan anak yang disediakan oleh dinas pendidikan. Bisa juga tengok website keren milik Mba Lala dan Mas Aar yang membahas tentang indikator perkembangan anak di sini. Orang tua dapat melatih kemandirian berdasarkan list yang tertera di sana. Walau demikian, menurut saya sesuaikan dengan karakter serta kondisi anak saat menerapkan setiap poin kemandirian.

Dalam hal menjalankan game ini, saya berusaha melibatkan suami dengan cara selalu mengupdate setiap materi, program keseharian, perkembangan, jatuh bangun setiap tantangan agar kami memiliki kesamaan misi. Selain punya misi yang sama, kami berusaha berbagi trik. Siapa tahu trik salah satu dari kami tidak pas, terlalu membebani anak atau bahkan sangat efektif.

Berikut ini adalah list kemandirian yang akan dan sedang kami jalankan di rumah.
1. Membereskan Tempat Tidur
2. Menyiapkan makanan sendiri
3. Mencuci piring sendiri sesudah makan
4. Menyiapkan keperluan pribadi
5. Membawa tas sendiri saat bepergian
6. Berani Membeli sesuatu ke warung
7. Mencari informasi sederhana tanpa diminta untuk proyek yang sedang dikerjakannya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s