Tega(s)

Seharian ini Kanza nempel terus, terlebih saat saya katakan padanya bahwa saya harus pergi menunggui neneknya yang sedang dirawat di rumah sakit. 

Sebenarnya pagi hari tadi ia sangat bersemangat. Bangun tidur lalu membenahi tempat tidur, jalan-jalan di pagi hari dan ikut berbelanja. Namun setelah saya katakan bahwa saya akan pergi hari itu ia mulai berubah.

Kemana-mana saya diintili, makan minta disuapi padahal bisa sendiri dan sedikit saja saya tak nampak dalam pandangannya ia akan berteriak mencari. 

Negosiasipun terjadi. Ia mengijinkan saya berangkat jam sembilan pagi, tepat. Atau jam lima sore. Tidak boleh kurang.  Tapi apa yang terjadi. Ia menangis keras dan tidak memperbolehkan saya berangkat. 

Kebetulan ada perubahan rencana. Adik yang sdh menjaga ibu sehari semalam bersedia lanjut menunggui ibu lagi hingga siang.  Akhirnya saya di eumah

Mendekati jam lima sore, saya mulai berpamitan. Ia tetap takmengijinkan. Dialog alot pun dimulai sementara saya harus segera berangkat. Ia menangis memegang kaki.

‘ Bunda ga boleh kemana2.’ Teriaknya 

‘Bunda hrs berangkat, Za. Uti tak ada yang menunggu.’

‘Ga boleh,’

‘Tadi Kanza kan janji membolehkan bunda berangkat jam 5. Sekarang bunda berangkat ya?’

Ia lalu memalangi pintu dengan tubuhnya. Berulangkali berteriak tidak boleh. 

Sayapun menjajarinya dsn menatap matanya. 

‘Za, bunda benar2 harus berangkat. Malam ini kanza tdk ditemani bunda y. Kanza harus kuat dan berani. Maaf kalo bunda harus keras.’ Sayapun meminta omnya untuk membawanya. 

Ia berteriak marah sambil berkata bahwa saya tidak boleh pulang. Saya abaikan dia dan berdoa semoga ia bisa cepat mengatasi rasa sedih.

Leave a Reply

