The Big Book of Couplers :)

Jam sepuluh tadi pagi kami membahas proyek kami membuat buku tentang Coupler/sambungan kereta. Saya tanyakan padanya apakah ia paham apa maksud dari proyek membuat buku. Jawabannya sih dia bilang mengerti. Lalu saya tanyakan kira-kira untuk membuat buku seperti ini apa saja yang diperlukan. Dia hanya berkata pendek dengan gaya meniru salah satu dialog di film Ballerina, ‘Aiii do no (I don’t know.)’

‘Baiklah kalau begitu.’ saya berkata. ‘Waktu Kanza membaca buku The Big Book of Space, kira-kira apa saja ya yang kita perlukan untuk membuat sebuah buku?’ jelas saya.

‘O y, aku ngerti. Kita perlu printer.’

‘Printer?’ tanya saya

‘Ya, printer gambar-gambar.’

‘O, maksudnya hasil print out gambar-gambar?’

‘Iya.

Selanjutnya?’

‘Kertas, yang tebal dan yang tipis.’

‘Lalu?’ ‘Bagaimana membuatnya tidak terpisah-pisah,Za?

‘Pakai binder clip saja bun. Ya, binder clip.’

‘Oke.’ ‘Bagaimana jika kita tulis saja yang barusan Kanza sebutkan?’

Ia mengangguk.

‘Kanza yang tulis, ya?’

‘Ga, ah. Bunda saja.’

Saya pun membantunya menuliskan apa saja yang diperlukan.
Sewaktu mencari gambar dan mencetaknya, ada sedikit kejadian unik. Ia banyak sekali terdistraksi oleh gambar-gambar lain. Atau tetiba ia beralih ke lego dan segera membuat sebuah sambungan kereta yang baru ia lihat.

Baru mencetak tiga gambar, ia sudah merasa bosan. Kamipun berhenti dari mencari gambar dan mencetak.

Sambil bersantai, saya katakan padanya bahwa dalam membuat project ini kita perlu menyediakan waktu khusus untuk mencari, meneliti, memilah, mencatat, membuat dan menyelesaikan pekerjaan yang sudah dimulai.

Tidak banyak yang saya katakan hari ini agar ia tidak bingung. Hari ini cukup saling bersepakat bahwa setiap hari kami akan meluangkan waktu selama setengah hingga dua jam melaksanakan project ini.

……..

Esok hari, Ayah akan membersamai dia melanjutkan apa yang telah kami lakukan hari ini: gugling sambungan kereta, menyediakan kertas karton, mencetak, dan mencatat apa saja yang diperlukan di dalam pembuatan buku ini.

Leave a comment